Sabtu, 18 Juni 2016

MESJID TUA INDRAPURI, ACEH BESAR


MESJID TUA INDRAPURI, ACEH BESAR

Mesjid Tua Indrapuri - Masjid itu berada di Indrapuri, sebuah kecamatan di Aceh Besar yang berjarak 27 kilometer dari Kota Banda Aceh. Masjid bersejarah ini berdiri di atas bangunan kuno peninggalan sebuah kerajaan Hindu, sebelum Islam masuk Aceh

.



Berselimut lumut, bangunan ini memiliki empat undakan. Di sudut kanan area dasar, ada sebuah sumur tua diapit dua kolam. Berdiameter 1,5 meter, dinding sumur bercincin batu itu tersusun rapi.


Berbentuk persegi, tembok menjulang sekitar sembilan meter. Masjid itu berada di puncaknya. 

Bangunan kuno ini dikelilingi hijaunya rerumputan, pohon mangga, pisang, kelapa, dan rambutan, serta rumah penduduk. Diapit sungai Krueng Aceh di sebelah barat dan jalan raya di sebelah timur.

Dari luar benteng, terlihat masjid berada di undak ke empat. Itulah sebabnya, untuk ke masjid perlu menapaki 16 anak tangga yang berada di sisi kanan benteng.




Masjid ini beratap susun tiga berbentuk limas segi empat. Persegi di dasarnya, dan mengerucut di tampuk. Bale-bale dan tempat wudhu berada di halaman depan. Terlihat rapi dengan bunga asoka, kembang sepatu, dan pohon asam. Di sebelah kanan masjid, berdiri menara kontruksi kayu berisi kentung kayu.

Masuk ke dalam masjid, ada 36 tiang kayu segi delapan menopang tiga undakan atap. Di bagian barat, mihrab dan tempat mimbar menyatu dengan tembok dinding setinggi 1,5 meter berukir relief sederhana. Tiga lemari kayu berisi alquran dan ratusan kitab menempel di dinding sebelah kiri mimbar.




Disebutkan, sebelum menjadi masjid, bangunan itu adalah kuil Hindu. “Warga mendapatkan cerita ini turun temurun,” kata Adnan Musa, warga Indrapuri.

Masjid ini menjadi ikon Indrapuri, sehingga namanya pun Masjid Tua Indrapuri. Warga di sekitar masjid memahami riwayat masjid ini. Umumnya mereka menyebut, masjid ini sudah berdiri sebelum Kerajaan Iskandar Muda, ini berarti sebelum abad 17. 



***

Cerita masyarakat itu hampir mirip dengan catatan sejarah Aceh yang menukilkan jejak-jejak Kerajaan Hindu di Aceh. Disebutkan, kerajaan itu bernama Lamuri, benteng Indrapuri adalah titik penting kerajaan yang sudah ada sejak terbentuknya jaringan lalu lintas internasional.

Bahkan seorang peneliti Inggris, E. Edwards McKinnon, sampai dua kali meneliti jejak Lamuri. Pertama pada 1975, kemudian dia kembali lagi setelah Aceh dihantam bencana tsunami, pada 2004. Ia menemukan jejak pemukiman kuno di Lamreh. Lokasi yang ditelitinya itu tak begitu jauh dari Masjid  Tua Indrapuri.

***


Sumber : http://www.dream.co.id/jejak/masjid-indrapuri-aceh-didirikan-di-bekas-kuil-hindu-150604z.html

1 komentar:

  1. Artikel seputar masjidnya sangat bermanfaat sekali bagi kaum muslimin dan bagi kami khususnya.


    Salam kenal dari kami PabrikJamMasjid.com PabrikJamMasjid.com Produsen Jam Sholat Digital

    BalasHapus